Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak
Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Islam hadir dengan segala perangkatnya yang sempurna, mengatur segala kehidupan tanpa ada yang tertinggal sedikitpun. Oleh karenanya, sangat salah jika Islam hanya diniisbatkan pada ruang ibadah semata.

Pendidikan keluarga menjadi yang utama dalam proses menuju keluarga yang SAMAWA. Peran orang tua menjadi sangat sentral ditengah kehidupan yang rusak hari ini dalam mendidik anak. Pemikiran barat mengalir begitu deras masuk ketatanan kehidupan anak, mulai dari lingkungan, teknologi, maupun pendidikan semua dikuasai pemikiran barat bukan islam.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untuk mensterilkan pemahaman-pemahaman anak dari islam, mendominasikannya dari kecil, dengan senantiasa mendekatkan anak pada Al-Qur’an, penguatan Aqidah dan pemikiran islam sangat penting bagi orang tua.

Sistem pendidikan dan pengajaran islam sudah mulai dibangun sejak Nabi Muhammad SAW menerima wahyu. Nabi SAW adalah guru pertama bagi umat islam.

Rasulullah SAW mengajarkan Al-Qur’an dan hadist kepada para sahabat. Nabi Muhammad SAW mengulang bacaan Al-Qur’an dan hadist tersebut sebanyak tiga kali hingga para sahabat bisa menghafal dan memahaminya.

Kunci keberhasilan dan kesuksesan anak di dunia dan akhirat adalah bermula dari sikap orang tua dan peran orang tua ketika mendidik anak, diantaranya :

1. Keshalihan Orang Tua
-Memberikan keteladanan kepada anak

2. Keridhaan Orang Tua Terhadap Anak
-Memudahkan dibukanya pintu barakah buat anak

3. Kemampuan Orang tua sebagai inspirator terhadap anak
-Berupaya menjadi orang tua penginspirasi buat anak: How to be the best, Khoyrunnaas anfa’uhum linnaas, Keluarga Pejuang/Ideologis.

Selain peran penting dalam mendidik anak, orang tua juga harus memiliki amalan khusus sebagai ikhtiar dan sarana untuk keberhasilan seorang anak. Tiga amalan Orang tua dalam mendidik anak agar sukses dunia dan akhirat, adalah sebagai berikut :

1. Istiqamah
Apapun permasalahan yang dihadapi, orang tua harus selalu konsisten fii Sabilillah/On the track syari’ah

2. Istikharah
-Tindakan istikharah dapat dilakukan melalui 3 cara, yaitu:
-Shalat
-Membaca Al-Qur’an
-Meminta nasihat yang berguna dari orang- orang terpercaya dan alim ulama

3. Istighfar
Membersihkan diri dari dosa yang menjadi penghalang turunnya rahmat, hidayat, barakah dan ma’unah dari Allah SWT.

Oleh karenanya, sangat penting peran orang tua dalam pendidikan anak, terutama seorang ibu yang menjadi Madrasatul’ula (Sekolah pertama) bagi anaknya. Keshalihan dan kesuksesan seorang anak tergantung bagaimana seorang ibu dalam mendidiknya. Sebagaimana pendidikan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan Islam.

Anak adalah generasi peradaban yang sangat penting dalam islam, yang memiliki posisi istimewa dihadapan Rasulullah SAW.

Wallahu’alam bis-shawwab

Hubungi Kami

Subscribe Channel Kami

Copyright © 2021 Simaq- Pusat Belajar Al Qur'an

Home

Wakaf

Program

Donasi

Sejarah

Visi & Misi

Management

Salam Pimpinan

Kontak Kami

Laporan

Tahsin

Tahfizh

Private

Event

Akademi

Galerry kegiatan